Aneka Solusi Cerdas dan Praktis di Rumah


Aneka Solusi Cerdas dan Praktis di Rumah
 
corbis.com
1.     Menghilangkan Bekas Stiker Pada Permukaan Logam

Olesi permukaan yang terkena lem stiker dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak goreng lalu biarkan beberapa detik. Kemudian gunakan kapas atau kain bersih untuk mengusap dengan satu arah. Maka permukaan yang terkena bekas stiker akan bersih. Jika minyak masih menempel pada bagian permukaan, usapkan menggunakan tisu makan untuk menghilangkan bekas minyak. Apabila masih tertinggal noda minyak, bubuhkan bedak ke area tersebut lalu gosok searah dengan keras dengan kain lap, dengan begitu minyak akan hilang dengan sempurna.

2.     Menghilangkan Bekas Stiker Pada Permukaan Plastik

Ambil stiker baru lalu letakkan diatas permukaan tersebut (jangan ditempel), sedikit ditekan lalu diangkat. Lakukan hal ini secara terus-menerus maka bekas lem yang tadinya tertinggal dibagian permukaan plastik akan menempel pada lem stiker yang baru dikarenakan daya rekat stiker yang baru masih kuat

3.     Abu Obat Nyamuk Bakar

Ketika datang musim hujan, seringkali disudut rumah muncul sarang semut dan rayap yang berbentuk serbuk kayu atau tanah. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan abu bekas obat nyamuk bakar. Bersihkan sarang semut menggunakan sapu, lalu masukkan abu obat nyamuk dilubang dan sekitar sarang tersebut. Pastikan lubang terisi penuh abu baru kemudian dibersihkan. Setelah sarang semut tidak terdapat lagi, tutup lubang dengan dempul atau lilin.

4.     Mengamplas Tanpa Kepanasan

Menggosok permukaan pada bagian kayu secara terus-menerus hingga permukaan halus, seringkali membuat kertas amplas menjadi panas. Solusi yang biasa dilakukan ialah menggunakan sarung tangan agar tangan tidak menjadi panas. Cara lain untuk menghindari panas ini adalah menempelkan amplas pada sebuah balok kecil sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan ukuran amplas lebih kecil dari balok. Prinsip ini seperti dengan memegang semir sepatu.

5.     Manfaat Lain Minyak Kelapa

Kotoran dan debu yang melekat figura seringkali membuat hiasan pada dinding menjadi tidak menarik lagi. Apabila tidak terdapat alat pembersih untuk membersihkan pigura dari debu-debu, maka dapat menggunakan minyak kelapa sebagai media untuk membersihkannya dengan mudah. Siapkan satu mangkuk minyak kelapa, lalu celupkan kapas ke minyak dan oleskan ke bagian figura yang terkena debu. Dengan hal ini, maka bintik-bintik pengganggu akan segera hilang begitu juga dengan debu-debu yang menempel.

6.     Cat dan Vanili

Jika rumah Anda akan dicat dan Anda tidak menginginkan bau cat tersebut, maka dapat ditambahkan dengan beberapa tetes vanili ke dalam cat ketika diaduk. Bau cat akan berkurang bahkan hingga hilang yang tidak akan menusuk hidung. Hal ini tidak mengubah warna cat sama sekali. Selain itu dapat dilakukan dengan membuat adonan dengan cara taburkan vanili ke wadah yang sudah diberi air, lalu letakkan wadah tersebut dekat dengan bagian yang dicat

7.     Menyimpan Lem Sisa
Lem yang tidak lagi digunakan biasanya cepat kering dan tidak bisa dipakai lagi. Padahal jika disimpan dengan benar, lem sisa bisa digunakan dikemudian hari nanti tanpa perlu membeli yang baru. Cara menyimpan lem adalah dengan meletekkan ke wadah tertutup dan memasukkannya kedalam kulkas. Dengan begitu lem dapat digunakan kapan pun yang diinginkan.


Pustaka Grhatama
griyabagus.com

0 Response to "Aneka Solusi Cerdas dan Praktis di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel