Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer


Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer


Sumber : griyabagus.com
Siapa yang tidak bermimpi untuk segera memiliki rumah pertama, apalagi sudah menginjak usia dewasa yang memang seharusnya sudah memiliki rumah sendiri untuk memulai kehidupan baru. Jalan untuk memili rumah baru memiliki beberapa opsi, bisa membeli melalui developer, membeli rumah bekas perorangan, atau bisa jadi membeli tanah sendiri untuk dibangun sesuai keinginan. Tentunya beberapa opsi diatas memilik kelebihan dan kekurangan masing-masing. 




Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer. Banyak para konsumen yang memilih membeli rumah melalui Developer karena kelebihan yang dimiliki, seperti:

  • Anda tidak perlu menyibukkan diri dengan mencari tanah untuk kemudian dibangun rumah, Karena sudah dibangunkan oleh developer sekaligus.
  • Membeli rumah melalui developer sudah jelas tentu mendapatkan kawasan yang sudah tertata dengan apik dengan berbagai fasilitas yang disediakan 
  • Bagi anda yang memiliki dana terbatas, anda dapat membeli melalui proses KPR. Hal ini salah satu faktor terpenting bagi para konsumen developer.


Tetapi, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki developer. Kita harus jeli dalam memilih developer supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan kita sebagai konsumen. Karena, tidak semua developer menjalankan tugasnya dengan benar dengan kata lain banyak developer nakal meskipun masih banyak developer yang berkualitas. 

Berikut beberapa Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer :

Teliti Reputasi Developer

Salah satu cara mudah untuk mengukur reputasi developer adalah dengan memeriksa kelengkapan ijin yang dimiliki developer, antara lain:
  • Ijin Peruntukan Tanah: Ijin Lokasi, Aspek Penatagunaan Lahan, Site Plan yang telah disahkan, SIPPT (Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah), nomor sertifikat tanah, surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), surat Ijin Penggunaan Bangunan (IPB).
  • Prasarana sudah tersedia.
  • Kondisi tanah siap bangun.
  • Sertifikat tanah minimal SHGB atau HGB Induk atas nama developer.
  • IMB Induk.

Jangan Pernah Membayar DP ke Developer Sebelum KPR anda Disetujui oleh Pihak BANK

Meskipun developer tersebut sudah memiliki kerjasama dengan bank terkait dan ada janji dari developer bahwa KPR anda sudah pasti disetuju, jangan pernah membayar DP sebelum KPR anda disetujui oleh Pihak Bank.

Karna pada dasarnya, Bank tetap akan melakukan analisa terhadap keuangan anda apakah dikemudian hari cicilan anda akan berjalan dengan lancer dan tepat waktu. Apabila anda sudah membayarkan DP kepada developer dan KPR anda ditolak, tentunya anda akan meminta DP tersebut kembali, dan biasanya anda akan kesulitan dalam proses tersebut karna mungkin adanya potongan-potongan lainya.

Keseuaian Target Pembangunan Rumah apabila Rumah Siap Bangun

Rumah jadi namun terlambat bahkan tidak ada kepastian rumah akan jadi, tidak sesuai dengan target waktu yang dijanjikan dalam pejanjian. Ini risiko yang paling sering terjadi. Hal ini tidak ad acara lain dengan mengecek semua legalitas yang dimiki oleh developer terkait tanah yang akan dibangun rumah yang telah kita beli.

Lakukan Supervisi Setiap Waktu

Ketika sudah masuk pada proses pembangunan, tahap ini merupakan kewajiban yang harus kita lakukan sendiri. Pada saat proses pembangunan lakukan pengecekan berkala apakah material yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang telah dijanjikan.

Jika anda ingin membeli rumah melalui developer, bukanlah langkah yang harus anda urungkan setelah membaca artikel ini. Tentunya masih banyak developer yang mempunyai kredibilitas baik di Pasar Perumahan. Tetapi anda harus cermat dalam memilih developer yang akan anda percayai untuk membangun rumah anda. Nantikan Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer selanjutnya sesuai dengan kasus-kasus yang akan kami update lebih lanjut. 

0 Response to "Tips Aman Membeli Rumah Melalui Developer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel