Langkah Membangun Rumah Dari NOL

Langkah Membangun Rumah Dari NOL


Sumber: leibal.com
Sudah banyak kawasan-kawasan perumahan dari developer-developer kelas menengah kebawah hingga atas yang menawarkan hunian dengan berbagai gaya desain dan kebutuhan. Luasan kavling dan bangunan yang sudah mencakup standarisasi bangunan, namun, kebutuhan setiap manusia yangs satu dengan yang lainya masih tetap berbeda. Tentunya, ada-ada saja yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. 

Pada akhirnya, konsumen yang menginkan sebuah hunian yang sesuai dengan buget dan kebutuhan memilih untuk mencari tanah dan berniat membangun sendiri dengan gaya desain dan kebutuhan ruang yang diinginkan. Tentu saja hal itu akan jauh dari desain normatif yang ada di pasar perumahan. 

Untuk itu, berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika berniat membangun rumah dari NOL yang sesuai kebutuhan dan tentunya buget yang kamu punya.


Mencari Lokasi 

Pada masa ini, pencarian lokasi bisa dibilang susah susah gampang. Sama seperti Jodoh, harus benar-benar mencari yang sesuai dengan hati, tidak lebih dan kurang. Berbagai kasus yang ada misalnya, sudah mendapatkan harga murah, tetapi lokasi bersebelahan dengan sungai atau makam. Alhasil, niat untuk meminang tanah tersebut urung dilakukan. 

Sumber : architectureartdesigns.com
Jadi, dalam memilih lokasi kita harus benar-benar mempertimbangkan banyak hal. Kenyamanan lingkungan sekitar, jarak dari tempat kerja maupun sekolah anak, akses dari lokasi menuju suatu tempat, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, orang tua berumuru 50 tahun ke atas, mereka akan memilih lingkungan yang sepi dan tenang. Hal itu berbeda dengan anak muda yang berusia produktif 25 -40 tahun yang akan memilih lokasi strategis yang deket dari pusat keramaian. 

Siapkan Dana

Dalam hal ini, tentunya kita harus menyiapkan dana sesuai dengan anggaran yang akan kita gunakan untuk membangun rumah. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti pembengkakan biaya ditengah proses pembangunan, setidaknya kita harus mempunya simpanan untuk dana cadangan minimal 10%, karena harga material yang sering berubah seiring berjalanya waktu.

Apabila dana yang kita miliki terbatas, kita dapat menggunakan konsep rumah tumbuh dengan pembangunan bertahap sesuai dengan yang kita butuhkan terlebih dahulu.

Perluas wawasan tentang gaya arsitektur dan model bangunan

Hal ini menjadi bagian inti dalam menciptakan hunian seperti apa yang kita inginkan. Mempelajari gaya arsitektur dan model bangunan sangat berguna ketika kita akan berdiskusi dengan arsitek yang kita percayai untuk membuat desain rumah kita

Buat daftar kebutuhan jangka pendek, menengah dan panjang

Dalam kasus membangun rumah, kita perlu membuat daftar perencanaa yang matang. Khususnya bagi pasangan muda, lebih baik memikirkan kembali tentang konsep rumah tumbuh yang dapat kita aplikasikan pada proses pembangunan rumah. Bisa jadi saat ini hanya membutuhkan 1 kamar tidur dan ruangan penunjang lainya karena merupakan pasangan muda. Pembangunan selanjutnya dilakukan untuk penunjang kebutuhan lainya, misalkan kehadiran anak yang tentunya membutuhkan kamar baru. 

Cari referensi rumah idaman

Rumah pertama tentunya mengharuskan kita membuat seapik mungkin sesuai dengan apa yang sudah kita idamkan jauh-jauh hari. Hal ini tentunya akan memudahkan arsitek dalam mengaplikasikan dan mengimprovisasi desain seperti apa yang kita inginkan. Hal ini tentunya tidak hanya tampilan eksterior saja, melainkan juga interior yang bertujuan untuk kenyamanan kita selama menghuni rumah tersebut.

Sumber : housebeautiful.com
Cari arsitek

Banyak sekali arsitek yang dapat kita temui, tentunya kita harus mencari arsitek yang sesuai dengan desain yang kita inginkan. Hal itu kembali pada dana yang kita siapkan dalam penggarapan proyek nantinya. Tentu saja dalam hal memilih arsitek harus melihat portofolio arsitek yang akan kita pilih tersebut, apakah seperti yang kita cari atau bukan.

Cari kontraktor

Sebenarnya kita bisa meminta arsitek untuk sekalikan desain dan bangun, hal itu akan lebih memudahkan kita dalam proses pembangunan karena siapa yang mendesain, dia juga yang akan membangun. Selain menghemat waktu, tentu saja dana juga akan lebih hemat. Tetapi apabila kita menginginkan pembangunan dilakukan oleh ahli yang berlatar belakang Teknik Sipil, tidak ada salahnya kita menggunakan jasa kontraktor ulung yang bisa jadi relasi kita sendiri.

Cari tahu cara mengurus IMB

Sebenarnya hal ini bukan lagi menjadi urusan kita ketika menyerahkan pembangunan rumah kita kepada arsitek maupun kontraktor. Karena, pengurusan IMB sudah menjadi satu paket tanggung jawab arsitek maupun kontraktor. Akan tetapi, hal itu tidak bisa di cover oleh semua arsitek maupun kontraktor, tergantung pada kesepakatan awal yang dilakukan. Karena setiap konsultan maupun kontraktor memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai dengan aturan perusahaan mereka sendiri.

Sumber : dwell.com
Jadi, kita sebagai masyarakat yang tidak ingin membeli rumah melalui developer, kita dapat mencoba membangun rumah dengan desain yang kita inginkan dan tentunya lokasi yang kita cari sendiri dengan beberapa langkah di atas. 

0 Response to "Langkah Membangun Rumah Dari NOL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel