Berbagai Jenis Tanaman Sebagai Pelengkap Interior

Berbagai Jenis Tanaman Sebagai Pelengkap Interior 


Pada dewasa ini, perubahan trend interior dari waktu ke waktu semakin berkembang. Untuk saat ini, trend yang sedang booming yaitu Urband Jungle. Pada dasarnya, maksud dari urban jungle sendiri adalah suatu penyelarasan desain interior terhadap alam di sekitarnya. Kombinasi dari setiap elemen yang ada di dalamnya menjadi seimbang. Bisa dikatakan desain ini mengacu pada keseimbangan kehidupan selain manusia, melainkan unsur lain disekitarnya yaitu Tumbuhan.

Sumber Gambar : lisa.de
Sering kita temui pada desain-desain interior terkini, yaitu pengaplikasian pada tumbuhan yang ada di dalam ruangan (indoor). Hal itu sangat kompleks dalam merubah suasana interior menjadi lebih asri dan segar. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua tumbuhan dapat kita aplikasikan di dalam ruangan. Hanya beberapa tumbuhan saja yang bisa kita aplikasikan, hal itu berhubungan dengan cara perawatan dan kebutuhan terhadap sinar matahari secara langsung sebagai proses fotosintesis. Selain itu juga kadar air yang dibutuhkan tumbuhan juga berpengaruh terhadap tumbuhan yang mampu bertahan di dalam ruang. 

Berikut adalah jenis-jenis tumbuhan cantik yang dapat kita letakkan di dalam ruangan.

Sansevieria (lidah mertua)

Sumber Gambar : jakartainsight.com

Sansevieria memiliki berbagai macam jenis, namun Sansevieria jenis ‘Black brazilian’ dipilih sebagai tanaman pelengkap desain interior yang menghasilkan banyak oksigen, karena perawatannya yang  mudah, dan tidak perlu sering disiram. Cara pengembangbiakannya pun juga cukup mudah karena Sansevieria menghasilkan tunas anakan di sekelilingnya.
Jenis tanaman ini sanagt cocok kita terapkan pada desain interior bergaya industrial.

Spider Plants (Chlorophytum comosum)

Sumber Gambar : truegreennursery.com.au

Tanaman jenis rumput-rumputan ini terlihat sangat cantik dengan bentuk seperti laba-laba , hal itu kenapa jenis tanaman ini disebut dengan nama Spider. Tanaman ini sangat cocok ditanam dengan pot dan diletakkan di sudut khusus, sehingga dapat ditonjolkan keunikanya untuk mempercantik desain interior dengan berbagai gaya. Tanaman yang masa hidupnya cukup lama ini, justru tumbuh dengan baik dengan pencahayaan matahari tidak langsung, sehingga cocok menjadi pelengkap desain interior.

Monstera Deliciosa

Sumber Gambar : greenerynyc.com

Monstera deliciosa mudah tumbuh dan ditemui di Indonesia karena iklimnya yang mirip dengan habitat aslinya di hutan hujan tropis di Meksiko dan Amerika Tengah. Dengan bentuk daun menyerupai hati dengan banyak lubang, membuat tanaman ini mudah dikenali karena memiliki ciri khas yang cantik. Dengan daun berbentuk lebar dan texture yang tegas membuat tumbuhan ini sangat cocok untuk desain interior bergaya tropis. 

Tanaman karet hias  (Ficus lyrata)

Sumber Gambar : www.ikea.com

Ficus lyrata mampu bertahan di daerah temperatur rendah dengan sedikit pancaran sinar matahari. Dengan daun yang lebar dan tebal, tumbuhan ini mampu menghasilkan banyak oksigen dan memerlukan sedikit pancaran sinar matahari. Tumbuhan ini cocok jika diletakkan di dalam kamar mandi untuk mempertegas nuansa asri di dalam kamar mandi yang lembab.

Pakis Sarang Burung (Kadaka)

Sumber Gambar : www.tokopedia.com

Tanaman khas indonesia ini selain cantik, juga unik. Sangat mudah ditemui di pasaran, tanaman ini sangat mempertegas kesan tropis dan minimalis. Jenis tumbuhan paku-pakuan ini memiliki texture garis yang tegas dan daunya yang panjang sangat cocok dijadikan hiasan di teras.

Tanaman Palem

Sumber Gambar : toko.sentratani.com

Jenis tanaman yang satu ini sangatlah familiar di Indonesia. Dengan berbagai bentuk yang ada, tanaman ini sangatlah cocok sebagai pelengkap dekorasi interior dengan texture garis-garis tulang. Tanaman ini sangat berguna untuk meminimalisir polutan. Namun tanaman palem membutuhkan sedikit perawatan khusus, yaitu harus disiram secara teratur supaya texture dan warna daunya tetap cantik. Selain cocok dijadikan tanaman interior, tanaman ini juga cocok untuk di taruh di luar rumah atau di taman. 

Mengikuti trend masa kini yaitu nuansa interior yang dibuat se-asri mungkin, kita dapat memilih beberapa jenis tanaman di atas untuk mempercantik ruangan di rumah. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman yang kita pilih supaya tetap cantik dipandang mata.

0 Response to "Berbagai Jenis Tanaman Sebagai Pelengkap Interior "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel