Sumber Air Bersih

Sumber Air Bersih

Kali ini akan kami bahas tentang air yang tidak bisa lepas dari kehidupan makhluk hidup. Terutama harus kita ketahui darimana sumber air bersih sebenarnya? Supaya kita ketahui bersama dan dapat saling menjaga sumber dayanya.

Sumber air adalah tempat atau wadah air alami dan/atau buatan yang terdapat pada, di atas, ataupun di dalam permukaan tanah. Sumber air bersih bisa diperoleh dari beberapa sumber berikut.
Air hujan yang meresap ke dalam tanah

Pemanfaatan air hujan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari individu perorangan/berkelompok/pemerintah, biasanya dibuat sumur dan tangki air untuk menyimpan air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup tersebut.

Salah satu Sumber Air Bersih berasal dari air hujan, sedangkan air hujan berasal dari penguapan air di laut berubah menjadi awan. Kemudian awan tersebut terbawa oleh angina ke berbagai tempat. Ketika awan telah banyak menumpuk maka akan jatuh berupa titik-titik air hujan. Akibat air hujan yang meresap ke dalam tanah maka air akan tersimpan ke dalam kandungan air tanah. Air tersebut akan dimanfaatkan menjadi air sumur, bendungan, dan tendon air. Siklus hidrologi bisa di lihat dari gambar berikut:
siklus hidrologi

Air Danau 
Air danau yang melalui proses treatment terlebih dahulu dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Air danau sebagai sumber dari air bersih dibendung untuk menyimpan air yang dapat digunakan pada saat musim kering. Gunanya untuk memenuhi kebutuhan irigasi di lahan pertanian.

Air Sungai
Banyak sungai yang terdapat di Indonesia, tetapi sedikit jumlahnya yang airnya langsung dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, sebelum dimanfaatkan air sungai perlu di proses treatment  dahulu, yang disebut river water treatment. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai gallon isi ulang yang airnya berasal dari hasil proses river water treatment.

water treatment

System pengolahan air bersih (water treatment) dengan sumber air bakunya berasal dari air sungai, air tanah, ataupun air pegunungan untuk bisa dijadikan air minum, memerlukan proses. Proses yang diperlukan tergantung kualitas air baku, antara lain sebagai berikut.

  • Proses penampungan air di dalam bak penampungan air yang bertujuan sebagai tolak ukur debit air bersih yang di butuhkan
  • Proses oksidasi
  • Proses pengendapan atau koagulasi
  • Proses filtrasi yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran-kotoran air yang masih terkandung dalam air
  • Proses filtrasi (carbon active), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas supaya air yang dihasilkan tidak mengandung bakteri serta rasa dan aroma air.
  • Proses terakhir adalah proses pembunuhan bakteri, virus, jamur, mikroba, dan bakteri lainya.


0 Response to "Sumber Air Bersih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel