Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Pengajuan KPR Langsung Diterima Bank

Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Pengajuan KPR Langsung Diterima Bank


Saat ini mungkin masih banyak diantara kita yang masih takut dan enggan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Namun, sebenarnya bank sendiri sangat mengiginginkan anda untuk mendapatkan pinjaman. Uang merupakan produk dari bank yang harus dikucurkan. Jika bank hanya menyimpan saja uang yang anda tabung atau anda deposito, maka bank pasti akan mengalami kerugian, dan bisa saja tidak akan beroperasi lagi, karena mereka harus membayar bunga dari uang anda dan harus mengeluarkan biaya operasional dan maintenance yang tentunya besar.

Oleh sebab itu, mau tak mau bank sendiri harus mencari cara bagaimana mengucurkan uang dari nasabah mereka untuk digunakan kembali tentunya dengan penghasilan lebih tinggi, seperti salah satunya adalah fasilitas KPR yang saat ini bank memberikan bunga rata-rata antara 11-13%. Sangat jauh berbeda bukan, jika anda menabung maka bunga yang anda terima hanyalah sekitar 3%, dan bahkan jika anda depostiokan sekalipun bunga yang anda terima biasanya masih sekitar 6%.

Guru properti seperti Joe Hartanto, pernah mengatakan bahwa dengan menggunakan KPR bank, maka anda bisa di ibaratkan juga sebagai pahlawan bank, karena anda ikut membantu bank untuk tetap bertumbuh.

Nah, sekarang apakah anda masih ragu atau enggan untuk mengajukan pinjaman ke bank? Jika bank menilai anda memang layak untuk dibiayai, maka bank akan segera mengucurkan dana untuk anda.

Demi kelancaran pengajuan kredit rumah, dan permintaan Anda terkabulkan, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :


Dokumen yang lengkap


Bank akan membutuhkan dokumen lengkap dari Anda, meliputi biodata hingga slip gaji atau izin SIUP jika Anda pengusaha. Intinya, ketahui dulu apa yang disyaratkan bank, dan berikan selengkap-lengkapnya.

Usia Pemohon


Usia pemohon kredit sangat menentukan maksimum jangka waktu KPR yang akan diajukan. Usia minimum untuk mengajukan KPR adalah 21 tahun atau sudah menikah. Untuk pemohon dengan usia 40 tahun kebawah akan mendapatkan jangka waktu kredit sampai dengan 15 tahun. Sedangkan untuk pemohon diatas 40 tahun waktu kredit akan dihitung berdasarkan usia produktif, yaitu 55 tahun atau 60-65 tahun untuk pengajar hingga Guru Besar.


Pekerjaan dan Gaji


Informasi mengenai pekerjaan pemohon KPR sangat penting menyangkut masa kerja, jenis pekerjaan tetap atau tidak. Masa kerja yang diperbolehkan untuk mengajukan KPR adalah minimal 2 tahun dan sudah melewati masa percobaan (menjadi karyawan tetap). Gaji seorang pemohon KPR digunakan pihak bank sebagai perhitungan kredit atau kemampuan membayar kredit. Rata-rata bank menilai besar angsuran adalah 30-33% dari total gaji. Gaji yang diperhitugkan adalah gaji bersih (take home pay) yang bersifat rutin.

Bank tentunya tak akan mau mengabulkan keinginan Anda meminjam jika mereka menilai Anda tak akan mampu membayar angsuran bulanan. Jadi hitung dulu penghasilan Anda (dan pasangan), lalu kalikan 30%. Inilah yang kira-kira harus Anda keluarkan per bulannya.


Rekening Koran


Rekening koran atau buku tabungan diperlukan oleh pihak bank untuk mengecek kebenaran dari slip gaji. Termasuk juga pengecekan terhadap transaksi-transaksi yang terjadi. Meskipun saldo tabungan ada 200 ribu, tetapi apabila data transaksinya cocok maka akan dianggap bagus oleh pihak bank. Sebaliknya apabila terdapat saldo 100 juta tetapi transaksi di rekening koran tidak sesuai, bank akan menolak.


Menjadi nasabah


Proses approval akan lebih mudah jika Anda sebelumnya sudah menjadi nasabah di bank tersebut, karena bank telah mengetahui data-data Anda sebelumnya.


Informasi Pinjaman Lain dan Sejarah kredit


Anda harus benar-benar jujur dan terbuka mengenai pinjaman/kredit yang sedang Anda miliki, seperti: kartu kredit, cicilan mobil/motor atau KPR Bank lain. Karena track record pembayaran kredit Anda akan berpengaruh terhadap penilaian bank.

Lihatlah sejarah kredit Anda, apakah Anda mempunyainya? Jika belum, bank belum tentu memberikan persetujuan. Begitu juga kalau mereka melihat Anda tidak selalu disiplin dalam membayar (terlambat, menunggak, dll.).

Kalau Anda sudah memenuhi semua itu, maka jangan khawatir, karena kemungkinan besar bank akan memberikan persetujuan bagi Anda. Namun untuk memastikan, akan lebih baik lagi jika Anda memilih tenor (waktu pembayaran) yang lebih lama. Jadi jika ada pilihan tenor 10, 15, atau 20 tahun, maka memilih tenor 20 tahun akan memperbesar kemungkinan permohonan pinjaman Anda untuk diterima. Hal ini karena semakin lama tenornya, maka semakin kecil pula angsuran per bulannya.

Selain melihat dari diri Anda sendiri, Anda juga harus mempertimbangkan dari segi rumah dan pengembang yang Anda pilih. Rumah yang tepat akan mendapatkan persetujuan lebih cepat, sedangkan yang salah akan membuat bank ragu. Perhatikan ini:

  • Pilih rumah yang mempunyai akses mudah (bisa dimasuki mobil, masih ada akses ke jalan raya, dll.) karena bank tidak akan setuju jika Anda memilih rumah terlalu terpencil.
  • Pilih yang pengembangnya sudah kerja sama dengan bank, sehingga Anda lebih dipermudah.
  • Bebas dari sengketa, jangan sampai rumah tersebut masih terlibat dalam kasus perebutan tanah. Anda sudah harus punya sertifikatnya.
  • Rumah yang sudah jadi juga akan lebih mudah mendapatkan persetujuan dari bank.

0 Response to "Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Pengajuan KPR Langsung Diterima Bank"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel