Agar Tidak Bingung Saat Mengambil KPR, Kenali 27 Istilah-istilah KPR Berikut !

Agar Tidak Bingung Saat Mengambil KPR, Kenali 27 Istilah-istilah KPR Berikut !


Belum lengkap kiranya jika anda sudah mengetahui tentang Pengertian KPR dan Jenis-jenisnya namun belum mengetahui Istilah-istilah Yang Ada Dalam KPR. Hal ini penting anda ketahui jika anda ingin membeli rumah dengan menggunakan fasilitas KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Berikut adalah setidaknya 27 Istilah Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengambil KPR agar tidak bingung ketika akan mengambil KPR.


Application form

Formulir aplikasi KPR yang harus diisi sebelum mengajukan KPR.

Appraisal

Harga perkiraan terhadap jaminan, Saat kita membeli rumah secara kredit biasanya bank akan menaksir harga rumah tersebut apakah sesuai dengan nilai pembiayaan yang dikucurkan untuk membiayai kredit.

Agunan

Aset yang dijadikan jaminan kredit.

Alih debitur

Melunasi cicilan KPR dengan cara menjual rumah yang di-KPR-in. Jadi, yang melanjutkan cicilan KPR adalah orang yang beli rumah tersebut.


Ability to pay

Kemampuan nasabah mengangsur KPR.


AJB

Kependekan dari akta jua beli. Berkas AJB ini bukti bahwa transaksi rumah itu sah di mata hukum


Akad

Perjanjian dalam proses KPR. Di sini bank dan nasabah sama-sama bikin komitmen bahwa masing-masing akan menjalankan hak dan kewajiban sesuai ketentuan.


Balik Nama

Mengganti nama pemilik lama (penjual) dalam sertipikat hak milik dengan nama pemilik baru (pembeli). Untuk tanah yang telah bersertifikat, apabila terjadi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang dibuat dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah, maka selanjutnya akan dilakukan proses Balik Nama. Pelaksanaan proses Balik nama ini dilakukan di Kantor Pertanahan setempat dimana tanah tersebut berada. Apabila proses tersebut selesai maka pada Sertifikat tanah yang dimaksud akan tertera nama pemilik baru dari tanah tersebut yaitu nama pembeli, sedangkan nama pemilik lama dicoret. Dengan demikian proses Balik nama telah selesai dilakukan sehingga pembeli telah sah sebagai pemilik tanah yang baru.


BI Checking

Proses analisa yang dilakukan oleh pihak bank mengenai reputasi keuangan calon debitur untuk mengukur kemampuan membayar debitur terhadap kredit yang akan diberikannya, proses BI Checking ini dilakukan dengan melihat laporan keuangan seorang debitur yang terpusat di Bank Indonesia.


Buy back guarantee

Adalah suatu jaminan dari developer bahwa dia akan membeli kembali propertinya, apabila dia tidak dapat menyelesaikan pembangunan dalam kurun waktu yang ditentukan.


Booking fee

Dalam dunia KPR booking fee adalah bukti keseriusan pembeli untuk membeli rumah. Dengan membayar booking fee atau dalam istilah lain “Uang Tanda Jadi”, si calon pembeli berhak untuk memilih kavling dan developer berkewajiban memblokir kavling tersebut dari penawaran pihak lain. Dengan memblokir kavling dari penawaran pihak lain, maka pihak developer dirugikan jika nantinya calon pembeli membatalkan pembeliannya, sebagai konsekwensinya, booking fee tersebut biasanya hangus dan menjadi hak developer.


Biaya KPR

Biaya selain uang muka dan cicilan yang harus dibayar oleh pembeli. Misalnya biaya notaris, biaya appraisal, biaya asuransi, dan biaya administrasi


Custodian

Pihak yang bertanggung jawab menyimpan dokumen agunan sebaik-baiknya. Kalau konteksnya KPR, berarti dokumen itu adalah sertifikat rumah.


Credit report

Laporan analisis bank terhadap kemampuan orang ngelunasin KPR tepat waktu.


Cluster

Adalah kumpulan bangunan tanpa pagar di perumahan dengan satu pintu gerbang utama sebagai alat control keamanan, dengan membeli rumah cluster berarti tidak boleh memodifikasi tampak depan dengan menambahkan pagar pribadi untuk mempercantik rumah maupun menambah keamanan.


Credit committee

Panitia kredit yang ditunjuk bank buat menilai aplikasi KPR, apakah akan disetujui atau ditolak.


Down payment

Uang muka alias persekot alias DP. Ini duit yang dikasih ke developer sebagai pembayaran awal atas KPR.


Loan set-up

Pencatatan data kredit sesuai dengan hasil pemeriksaan credit committee.


Loan to maturity

Jangka waktu KPR.

Plafon

adalah jumlah total kredit alias pinjaman yang diberikan bank. Biasanya cuma 80% dari nilai rumah. Misalnya rumah Rp 500 juta, berarti pinjaman dari bank cuma Rp 400 juta.

Roya

Adalah proses penghapusan catatan yang terdapat pada sertifikat tanah yang sebelumnya dijadikan agunan. Misalnya anda membeli rumah bekas (second) dimana rumah tersebut masih berstatus di agunkan di bank oleh pemiliknya, saat sertifikat ditebus maka akan dikenakan biaya roya agar catatan tersebut dihapus dan hak atas sertifikat kembali seperti semula dahulu sebelum diperjual belikan. Proses roya bisa juga dibantu oleh pihak notaris.


Non-performing loan

Status kredit macet. Status ini biasanya dipakai jika cicilan gak dibayar 3 bulan lebih.


Personal discussion

Tanya jawab antara bank dan orang yang mengajukan KPR. Pihak bank akan mengorek  informasi sedetail-detainya dari orang yang akan mengajukan KPR


Underwriting

Proses pemberian keputusan apakah KPR diterima atau ditolak dari bank.


Standby letter of credit

Surat dari nasabah KPR yang memberi izin ke bank untuk melakukan  angsuran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


To be obtained

Syarat yang belum dipenuhi dalam proses KPR karena kondisi tertentu. Misalnya KTP sedang dalam proses pembuatan, dan akan disusulkan jika sudah jadi.

Masih banyak Istilah-istilah lain yang belum kami sebutkan di atas yang berhubungan dengan KPR. Jika ada Istilah-istilah lain yang belum terdapat dalam Istila-istilah KPR tersebut. Anda Tidak perlu khawatir, anda dapat langsung menanyakan langsung kepada karyawan bank yang melayani anda. Dengan senang hati petugas bank tersebut akan menjelaskan Istilah-istilah KPR yang belum anda ketahui atau membingungkan anda. Ingat, Malu Bertanya Sesat Di Jalan.

Semoga Istilah-istilah KPR tersebut di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan anda tentang KPR. Jika anda sedang menjari rumah yang dapat menggunakan system pembayaran KPR di wilayah Yogyakarta, Kami dapat membantu anda menemukan rumah Impian anda. Terima Kasih

0 Response to "Agar Tidak Bingung Saat Mengambil KPR, Kenali 27 Istilah-istilah KPR Berikut !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel