Jangan Abaikan ! Berikut adalah Kriteria Air Bersih Untuk Rumah Sehat Anda

Jangan Abaikan ! Berikut adalah Kriteria Air Bersih Untuk Rumah Sehat Anda
Jangan Abaikan ! Berikut adalah Kriteria Air Bersih Untuk Rumah Sehat Anda - Air adalah sumber kehidupan bagi manusia, tanpa air kehidupan akan lebih sengsara. Di gurun pun kehidupan di tengah padang pasir masih terdapat beberapa tempat oase dimana air ditemukan.

Sehingga air yang menjadi sumber kehidupan tersebut adalah air yang cukup dan bersih untuk dimanfaatkan.

Yang dimaksud air bersih itu adalah air yang dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk dapat diminum, dimasak, untuk mencuci badan, mencuci segala peralatan masak maupun mencuci segala macam yang akan dimasak.
Air bersih ini harus memenuhi persyaratan fisik, kimia dan bakteriologis yang ditentukan oleh dinas kesehatan Negara.

Persyaratan air bersih sesuai dengan fungsinya ialah mempunyai sifat :

  • Jernih, tidak keruh
  • Tidak mempunyai warna
  • Tidak mempunyai rasa 
  • Tidak mempunyai bau 


Selain itu air bersih tidak harus dingin mempunyai suhu 10-20o C sehingga dapat memberikan rasa segar. Kebutuhan air bersih untuk masyarakat yang tinggal di kota terasa makin bertambah, berkaitan dengan kemajuan teknologi yaitu penggunaan perlatan saniter di rumah tangga.

Kebutuhan air minum ini akan makin bertambah antara lain karena jumlah penghuni dalam satu keluarga dan jumlah penduduk yang makin pesat dan gaya hidup modern yang mereka anut.

Pola hidup modern ini ditandai seperti adanya tempat untuk membersihkan kendaraan, menyiram tanaman dalam halaman, aadanya kolam hias sampai kolam renang. Dari hasil pengamatan pemakaian air bersih untuk penghuni di permukiman kota di Indonesia berkisar antara 100 liter- 250 liter per hari per orang. Ada kemungkinan 250 liter per hari per orang. Ada kemungkinan 250 liter ini dapat membesar lagi di kemudian hari.

Sumber air bersih

Air bersih dapat diperoleh dari beberapa unsur sumber di alam sekitar kita. Sumber air bersih di alam perlu dijaga kelestarianya dan keberlanjutanya agar tidak cepat habis / kering dan selalu bersih memenuhi standar kebutuhanya.

Kita perlu menyadari bahwa air terjadi karena proses sirkulasi alam yang dipengaruhi oleh cahaya matahari dan angin yang selalu bertiup dari laut (yang penuh dengan sumber air) kea rah daratan pada siang hari. Ini terjadi sepanjang tahun yang membedakan bahwa matahari selalu bergerak ka arah utara dan angin berganti dari arah barat ke timur dan sebaliknya.

Di mulai dari jumlah masa air yang melimpah di laut di seluruh permukaan bumi. Di siang hari dimana permukaan laut terkena cahaya matahari yang cukup panas maka terjadilah penguapan air yang berbentuk awan. Awan ini membawa butiran air, dimana pada siang hari terjadi angin dari laut menuju daratan yang akan membawa awan tersebut menuju ke arah daratan.

Pada ketinggian tertentu awan yang membawa butiran air akan menjadi titik – titik air yang selanjutnya berupa hujan yang jatuh ke daratan.

Hujan ini menyebar diatas daratan baik didaratan yang penuh tanaman, hutan maupun tanah terbuka sampai pada tanah hunian akan menyebar ke seluruh permukaan tanah. Pada permukaan tanah yang gembur atau tanah yang ditumbuhi tanaman/hutan maka air hujan tersebut dapat meresap dan bagi air hujan yang tidak meresap dapat mengalir menuju sungai.

Air sungai akan mengalir menuju ke laut kembali dan kembali di proses pada hari – hari berikutnya. Air yang meresap ke tanah itulah yang akan menjadi sumber air bersih yang dapat digunakan untuk kelengkapan fasilitas kebutuhan bangunan, yang berupa sumur- sumur, baik sumur pompa maupun sumur galian.

Tidak hanya berhenti disini saja dimana cadangan air tanah tersebut terserap oleh akar pohon yang besar dapat keluar kembali pada maata air terutama di daerah pegunungan yang dapat berupa mata air sungai atau menjadi genagan air empang yang menampung air bak dari dalam tanah maupun air hujan yang tidak terserap oleh tanah.

Demikian siklus ini berlangsung terus –menerus sepanjang masa. Untuk itulah menjaga bersama dan memelihara kelestarian dan keberadaan dan ketersediaan air tersebut.

Dari siklus air yang terjadi maka untuk mendapatkan air bersih yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat dalam fasilitas utilitas digunakan dengan berbagai cara seperti :

  • Mata air
  • Sumber pompa / galian 
  • Bendungan air


0 Response to "Jangan Abaikan ! Berikut adalah Kriteria Air Bersih Untuk Rumah Sehat Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel