Tutorial Autocad 2D : System Koordinat Pada Autocad

Untuk keperluan membuat objek tertentu serta untuk memperoleh ukuran yang presisi dan akurat dalam penggambaran, kadang- kadang dibutuhkan system koordinat tertentu. Penulisan system koordinat 2D dan 3D bisa diwakili dengan tiga variable : yaitu X,Y dan Z, namun demikian karena pada bidang 2D tersebut nilai Z selalu 0, maka penulisanya hanya ditulis dua variable saja, yaitu X dan Y, dan system penulisanya adalah (x,y).

Koordinat Kartesius Pada Autocad

System koordinat kartesius (Cartesian, coordinate) pada dasarnya terdiri atas dua jenis system koordinat, yaitu koordinat kartesius 2D dan system koordinat kartesius 3D.
System koordinat kartesius 2D ditentukan dari pemberian nilai pada dua jenis sumbu, yaitu sumbu x dan y, di mana untuk sumbu x adalah ruas garis horizontal, sedangkan sumbu y adalah ruas garis vertikal. Dan antara keduanya membentuk garis yang saling tegak lurus. Untuk system koordinat kartesius 3D bisa diaktifkan dengan cara menambahkan sumbu z sebagai faktor penentu penempatan titik pada system koordinat tersebut. System penulisan koordinat kartesius untuk bidang 2d adalah (x,y) sedangkan untuk bidang 3D adalah (x,y,z).



0 Response to "Tutorial Autocad 2D : System Koordinat Pada Autocad"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel