Tutorial Autocad 2D : Koordinat Polar Pada Autocad

Koordinat polar merupakan system koordinat yang digunakan untuk menunjukan suatu jarak terhadap titik sebelumnya dengan sudut tertentu dari titik terakhir, di mana untuk menghitung sudut tersebut arah perputaranya berlawanan dengan arah jarum jam (counter clockwise). Counter clockwise merupakan sistem perputaran sudut default dari autocad. Untuk menggambar suatu titik menggunakan system koordinat polar, bukan ditentukan dari titik origin, tetapi titik penggambaran sebelumnya.

System koordinat polar tersebut sangat tepat apabila digunakan untuk membuat suatu objek (misalnya garis) dengan panjang tertentu serta dengan sudut (kemiringan) tertentu pula.
Aplikasi dari system koordinat ini digunakan apabila koordinat koordinat kartesius sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan. System koordinat ini juga menawarkan pola pemasukan yang simpel dan mudah, namun dengan presisi yang tinggi (akurat). Format system penulisan koordinat polar adalah : @jarak<sudut, dimana contoh aplikasi dalam penggambaran sebagai berikut.


Baca lebih lengkap :

Koordinat Kartesius
Koordinat Relatif
Koordinat Absolut

0 Response to "Tutorial Autocad 2D : Koordinat Polar Pada Autocad"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel